Peran Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial Peserta Didik di Era Transformasi Digital

  • Mohammad Richi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Adam Pramudya Ardiansyah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Aisyah Nurrotul Universitas Negeri Yogyakarta
  • Wiwit Roikhatul Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Transformasi Digital, Kesadaran Sosial, Guru Sosiologi

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat membawa banyak perubahan dalam transformasi digitalisasi Pendidikan. Sayangnya perkembangan teknologi yang cepat tidak dibarengi dengan pemanfaatan teknologi yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sosiologi dalam meningkatkan kesadaran sosial peserta didik dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan Pendidikan. Metode yang dipakai pada penelitian ini berupa metode kualitatif, dimana pengumpulan datanya melalui metode kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru sosiologi dalam menanamkan kesadaran sosial peserta didik dalam memanfaatkan kesadaran sosial dengan cara membangun pembiasaan sikap tertentu yang diajarkan secara berturut-turut. Guru sosiologi dapat memberikan contoh berupa aksi perilaku simpati dan peduli terhadap sesama, seperti melakukan hal positif supaya dapat ditiru oleh peserta didik.

References

Abute, Erniwati. Pemikiran Kesadaran Sosial Mohammad Natsir dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Global Aksara Pers.
Ainun, Fadia Puja, dkk. (2022). Identifikasi Transformasi Digital dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang dan Tantangan di Era Distrupsi. Jurnal Kewarganegaraan Universittas Sultan Ageng Tirtayasa, 6(1).
https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/transformasi-digital-dalam-pemulihan-pendidikan-pasca-pandemi diakses pada tanggal 26 Desember 2022.
Nurhayati. 2022. “Pendekatan Guru IPS dalam Membentuk Kesadaran Sosial Siswa di SMP Negeri 07 Seluma”. Skripsi. Bengkulu: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno.
Royyana, A. (2018). Strategi Transformasi Digital Pada PT. Kimia Farma (Persero) TBK. Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat, 3(3).
Published
2023-01-11
How to Cite
Mohammad Richi, Adam Pramudya Ardiansyah, Aisyah Nurrotul, & Wiwit Roikhatul. (2023). Peran Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial Peserta Didik di Era Transformasi Digital. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 24-29. https://doi.org/10.51903/education.v3i1.286