EFEKTIVITAS PENGGUNAAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.51903/education.v3i1.289Keywords:
Reward, punishment, pendidikan karakter, sekolah dasarAbstract
Usaha memperbaiki kualitas pendidikan tidak lepas dari pentingnya implementasi pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha guna mendidik anak-anak supaya dapat mengambil keputusan secara bijak dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nantinya mereka dapat memberi pengaruh yang positif kepada diri dan lingkungan sekitarnya. Perilaku anak-anak yang terkadang keluar dari kodratnya termasuk hal yang menjadi bagian dari pendidikan karakter. Pada praktiknya perlu upaya yang dilakukan oleh unsur pendidikan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam upaya mensukseskan tujuan pendidikan karakter melalui berbagai macam metode dan stategi pembelajaran yang dapat menstimulus anak untuk belajar dan berkembang sesuai harapan. Hal ini selaras dengan keefektifan penggunaan reward serta punishment sehingga memberi dampak yang lebih baik bagi keberhasilan pendidikan karakter pada anak usia sekolah dasar.
References
Disiplin Anak Pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. HALAQA: Islamic Education Journal. Vol.3, No.1
https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:11fAtC5M_6QJ:scholar.google.com/+Annisa+Novitasari.+2019.+&hl=id&as_sdt=0,5&as_ylo=2019&as_vis=1
Atik Maisaro, Bambang Budi Wiyono, Imron Arifin. 2018. Manajemen Program Penguatan
Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Vol.1, No.3
http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:mkOwTdZCcL0J:scholar.google.com/+Manajemen+Program+Penguatan+Pendidikan+Karakter+di+Sekolah+Dasar.+Jurnal+Adminitrasi+dan+Manajemen+Pendidikan+Vol.1,+No.3&hl=id&as_sdt=0,5&as_vis=1
Rizky Novalinda1, Ali Syahbana, Ety Septiati. 2020. Metode Reward And Punishment Pada pembelajaran Probing Promping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol.4, No.2
http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:KscJGQNmokMJ:scholar.google.com/+Metode+Reward+And+Punishment++Pada+pembelajaran+Probing+Promping+Terhadap+Kemampuan+Pemecahan+Masalah.+Jurnal+Pendidikan+Matematika+dan+Matematika+Vol.4,+No.2&hl=id&as_sdt=0,5&as_vis=1
Shalahudin Ismail , Suhana Suhana , Qiqi Yuliati Zakiah. 2021. Analisis kebijakan
Penguatan pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu sosial. Vol.2, No.3.
https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:YheA8cCC4-QJ:scholar.google.com/+Analisis+kebijakan+Penguatan+pendidikan+Karakter+Dalam+Mewujudkan+Pelajar+Pancasila+di+Sekolah.+Jurnal+Manajemen+Pendidikan+dan+Ilmu+sosial.+Vol.2,+No.3.&hl=id&as_sdt=0,5&as_vis=1
Silvya Eka Andiarini, Imron Arifin, Ahmad Nurabadi. 2018. Implementasi Program
penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal administrasindan Manajemen Pendidikan. Vol.1, No.2.
https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:RL0cnQAQ5qAJ:scholar.google.com/+Implementasi+Program+penguatan+Pendidikan+Karakter+Melalui+Kegiatan+pembiasaan+Dalam+Peningkatan+Mutu+Sekolah.+Jurnal+administrasindan+Manajemen+Pendidikan.+Vol.1,+No.2.+&hl=id&as_sdt=0,5&as_vis=1
Yopi Nisa Febianti. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And
Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic. Vol.6, No.2
http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:u3AztF76WY8J:scholar.google.com/+Peningkatan+Motivasi+Belajar+Dengan+Pemberian+Reward+And+Punishment+Yang+Positif.+Jurnal+Edunomic.+Vol.6,+No.&hl=id&as_sdt=0,5&as_vis=1