PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMPN 1 BUKITINGGI

  • Rahmat Fadli Sikumbang UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yeni Afrida UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Mardiah Noer SMP Negeri 1 Bukittinggi
Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Penyesuain diri

Abstract

Penelitian ini merupakan pemeriksaan yang jelas dan menggunakan metodologi kuantitatif. faktor bebas eksplorasi adalah wawasan intrapersonal dan variabel dependen adalah perubahan. Selanjutnya, dengan menggunakan pemeriksaan basic direct relaps yang merupakan teknik terukur yang mampu menguji derajat hubungan sebab akibat antara variabel unsur penyebab (X) terhadap variabel besar. Jumlah penduduk dalam tinjauan ini adalah 96 siswa kelas IX. Strategi pengujian dalam review ini adalah mengambil 31% dari total populasi 31% x 96 = 29,76 dijumlahkan menjadi 30, jadi contoh yang diambil adalah 30 contoh. Metode pengumpulan informasi menggunakan polling dengan 40 penjelasan hal dan pertanyaan menggunakan skala likert. Pemeriksaan informasi dengan menggunakan penyelidikan terukur dengan menggunakan program SPSS versi 20. Konsekuensi dari eksplorasi menunjukkan bahwa pengetahuan intrapersonal berpengaruh signifikan terhadap perubahan diri siswa di SMPN 1 BUKITTINGGI. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung yang diperoleh sebesar 7,412 lebih menonjol dari nilai ttabel sebesar 2,048. Koefisien koneksi (R) sebesar 0,814 yang setara dengan 81,4% pengaruh variabel Intrapersonal Insight terhadap perubahan diri. Koefisien jaminan (R2) adalah 0,662, ini menyiratkan bahwa 66,2% dari dampak variabel otonom (X) pada (Y) sedangkan sisa 33,8% masuk akal oleh faktor bebas lain yang tidak diusulkan dalam ulasan ini. menjadi wawasan semantik khusus, pengetahuan numerik yang masuk akal, wawasan spasial, wawasan melodi, pengetahuan sensasi, wawasan relasional, pengetahuan naturalis, pengetahuan eksistensial.

References

Agustini Sandry Yoanita. 2007. Penggambaran Pengetahuan Intrapersonal Pada Mahasiswa Semester Tiga dan Konsekuensi Latihan Arahan yang Diusulkan untuk Lebih Mengembangkan Pengetahuan Intrapersonal, Postulasi. Perguruan Tinggi Sanata Dharma Yogyakarta
Ancok, D dan Suroso, F.N. 2008. Ilmu Otak Islam. Yogyakarta. Mempelajari perpustakaan.
Erhamwilda. 2015. Pengarahan Rekan. Buku: Media Foundation Distributor. yogyakarta
Jadilah itu. 2011. Eksplorasi Instruktif. Buku: Distributor Perdana Mendistribusikan. Medan
Ladysa Dina. 2016. Upaya Memperluas Wawasan Intrapersonal Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Gedongtataan Lampung Melalui Pembelajaran Metecognitive Inward Discourse (MIS). Vol.3 Nomor 5 Tahun 2016 Agustiani Hendrianti. 2006.Psychology of the Advancement of Biological Methodology Sebanding dengan Self-Idea dan Self-Change pada Kaum Muda. Buku. Distributor Refika Aditama. Bandung.
Lubis Lumongga Namora. 201. Memahami Esensi Nasihat dalam Prinsip dan Praktek. Buku; Distributor Kencana. Jakarta
Noble A Robert, Pakailah Byrne. 2004. Ilmu otak sosial. Buku : Distributor Erlangga. Jakarta
Srinarti, Anwar Sutoyo, Suwarjo. 2012. Pemajuan Model Pengarahan Silaturahmi Berbasis Agama Islam Untuk Mengerjakan Ide Diri Mahasiswa. Buku harian penasehat arah. Vol 1 No 2 Tahun 2012. Perguruan Tinggi Negeri Semarang
Sugiono. 2010. Strategi Eksplorasi Subyektif Kuantitatif dan Litbang: Distributer Cv Alfabeta, Bandung.
Utami Dwi Ade. 2012. Mengembangkan Lebih Lanjut Wawasan Intrapersonal dan Pengetahuan Relasional Melalui Pembelajaran Pendekatan Tugas. UNJ. Vol. 7 No. 2 Desember 2012
Published
2023-01-13
How to Cite
Rahmat Fadli Sikumbang, Yeni Afrida, & Mardiah Noer. (2023). PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMPN 1 BUKITINGGI. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 94-102. https://doi.org/10.51903/education.v3i1.294