The Influence Of Using Gallery Walk Towards Students’ Ability In Writing Descriptive Text
DOI:
https://doi.org/10.51903/education.v3i1.298Keywords:
Teks Deskriptif, Galeri Berjalan, dan Menulis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh penggunaan Galeri Berjalan pada kemampuan siswa dalam Menulis Teks Deskriptif di SMP YPM Mojowarno Jombang di tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah desain kuasi-eksperimental. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah Galeri Berjalan (Gallery Walk). Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas delapan dari SMP YPM Mojowarno. 40 siswa dipilih secara acak sebagai bagian dari teknik sampel. Kelas VIII-A digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B digunakan sebagai kelas eksperimental ketika membagi sampel menjadi dua kelompok. 20 siswa terdaftar di setiap kelas. Alat penelitian ini adalah tes tertulis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan besar antara skor pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata post-test kelas eksperimental (70,25> 25,1) lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil penelitian ini dihitung menggunakan uji Menn-Whitney, yang memiliki tingkat signifikansi 0,000 (0,05). Ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (HA) diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan dalam nilai keterampilan Menulis siswa antara kelas percobaan dan kelas kontrol. Dengan kata lain, menggunakan teknik Galeri Berjalan (Galery Walk) pada keterampilan Menulis siswa sangat efektif.
References
Brown, H. D. (2001). Teaching by Pinciple : An Interactive to Language Pendagogy (second). New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage.
Dinata, H., & Anggraini, R. W. (2017). The Use of Gallery Walk too Enhance the Speaking Achievement of the Ninth Grade Students of SMP PGRI 1 Palembang. 6.
Ehsan Namaziandost Fariba Rahimi Esfahani, Mehdi Nasri, R. M. (2018). The Effect of Gallery Walk Technique on Pre-intermediate EFL Learners’ Speaking Skill. 8, 1–15. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3469849
Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Pearson Education Limited.
Indah, R. N. (2017). Critical thinking, Writing performance and topic familiarity of indonesian efl learners. Journal of Language Teaching and Research, 8(2), 229–236. https://doi.org/10.17507/jltr.0802.04
Klimova, B. F. (2012). The importance of Writing. Paripex-Indian Journal Of Research, 2(1), 9–11.
Lestari, D. (2016). the Effect of Guided Writing Strategy on the Students’ Ability in Writing Procedure Texts. REGISTER Journal of English Language Teaching of FBS-Unimed, 4(3). https://doi.org/10.24114/reg.v4i3.5242
M. Arif Rahman Hakim, Nike Anggraini, A. S. (2019). Gallery Walk Technique in Improving Students’ Speaking Skill. Script Journal, 4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24903/sj.v4i1.251
Silberman, M. (1996). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani.
Zuhriyah, M. (2020). The Effectiveness of Gallery Walk Technique Toward Grammar Competence of English Department Students of UNHASY. 1. https://doi.org/DOI httpsdoi.org10.32520eji.v4i1.805