PENGGUNAAN BAHASA GAUL DI KALANGAN MAHASISWA TEKNIK LINGKUNGAN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR ANGKATAN 2022

  • Fina Rahma Permata UPN “Veteran” Jawa timur
  • Hanindita Revallina Pramesti UPN “Veteran” Jawa timur
  • Naura Alfi Amelia UPN “Veteran” Jawa timur
Keywords: Bahasa, Gaul, Mahasiswa

Abstract

Penggunaan bahasa akan terus berkembang seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman. Bahasa gaul, bahasa yang populer di kalangan remaja, telah mulai menggeser bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Pada dasarnya, para remaja ini masih menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari. Akan tetapi, makna dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik, sopan, dan santun dalam kehidupan sehari-hari menjadi kabur akibat penggunaan bahasa gaul. Penelitian ini menggunakan media wawancara dan kuesioner dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan target mahasiswa Teknik Lingkungan UPN “Veteran” Jawa Timur. Mahasiswa menjawab beberapa pertanyaan dan pertanyaan yang diberikan mengenai penggunaan bahasa gaul. Hasil dari pertanyaan yang diberikan sebagian besar responden menjawab dengan beberapa alasan, yaitu mengikuti perkembangan zaman yang ada, membuat obrolan terasa lebih santai, mengikuti teman atau lingkungan sekitar, nyaman dengan lawan bicara, merasa keren, dan kata-katanya mudah diingat. Terdapat beberapa juga responden yang tidak menggunakan bahasa gaul. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar generasi muda zaman sekarang menggunakan bahasa gaul untuk memudahkan mereka dalam berkomunikasi dan menciptakan suasana obrolan yang santai. Akan tetapi, bahasa gaul tersebut tidak membuat mereka melupakan keberadaan bahasa Indonesia. Meskipun mereka menggunakan bahasa gaul, mereka juga tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Azizah, A. R. A. (2019). Penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa gaul di kalangan remaja. Jurnal Skripta, 5(2).
Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan bahasa gaul terhadap eksistensi bahasa Indonesia pada masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48.
Franesti, D. (2021). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baku Di Kalangan Remaja. FKIP e-Proceeding, 39-50.
Hilaliyah, H. (2010). Maraknya Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Atas. Deiksis, 2(01), 13-26.
Marsudi, M. (2009). Jati Diri Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi Teknologi Informasi. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 2(2), 133-148.
Sari, B. P. (2015). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB (Vol. 10, No. 24, pp. 171-176).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suleman, J., & Islamiyah, E. P. N. (2018, October). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 2, No. 2).
Published
2023-06-10
How to Cite
Fina Rahma Permata, Hanindita Revallina Pramesti, & Naura Alfi Amelia. (2023). PENGGUNAAN BAHASA GAUL DI KALANGAN MAHASISWA TEKNIK LINGKUNGAN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR ANGKATAN 2022. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 147-155. https://doi.org/10.51903/education.v3i2.339