Penerapan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTSN 1 Sijunjung
DOI:
https://doi.org/10.51903/education.v3i3.436Keywords:
Implementation, PAI, Religious Character StrengtheningAbstract
This research is motivated by the problem of the religious character of students which is increasingly concerning and needs the attention of all parties, including educational institutions. The importance of character education requires PAI teachers to pay more attention to strengthening the religious character of students in schools, including students in class XI TITL 1 (Electrical Installation Engineering) at SMK N 1 Koto Balingka. This research uses a qualitative descriptive approach with a case study type of research. The key informants in this study were Mr. Hasan Basri Durin S.Pd.I as a PAI subject teacher, and supporting informants namely class X TITL students and school principals. Data collection methods that researchers use are observation, interviews, and documentation. The results showed that the implementation of Islamic Religious Education learning materials for students at SMKN 1 Koto Balingka when in the classroom through subject matter and outside the classroom by implementing extracurricular activities that integrate with values in Islamic Religious Education learning in the room.References
Bahri Djamarah, S., Guru Dan Anak Didik (jakarta: Rineka Cipta, 2005)
Endraswara, Suwardi, Metode,Teori,Teknik Penelitian Kebudayaan (yogyakarta: Pustalan Widyatama, 2006)
Erniati, Erniati, S.L, ‘Penerapan Metode Resitasi Melalui Luring Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Negeri 1 Donggala’, KIIIES 5.0, 1 (2022), 262–67
Erwinsyah, Alfian, ‘Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar’, Tabdir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5.2 (2017), 87
Fadhallah, Wawancara (jakarta timur: UNJPRESS, 2021)
Fatimatuzahro, Fitri, Lilis Nurteti, and S. Koswara, ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7.1 (2019), 39–40
Fitri, Fajar, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Dan Treffingter Dalam Pembelajaran Fisika’, JRKPF UAD, 3.2 (2016), 64
Halik, Abdul, ‘Peran Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah’, Jurnal Pendidikan, 5.2 (2018), 6
Ibrahim, Azharsyah, Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Islam (aceh: pt naskah aceh nusantara, 2021)
Ilmi, Darul, ‘Implementasi Kopetensi Dosen Dalam Mewujudkan Akhlak Mulia Mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Bukittinggi’, Islam Dan Realitas Sosial, 5 (2012), 40
Iryani, Eva, ‘Al- Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17.3 (2017), 66
Ismail, Muhammad Ilyas, Evaluasi Pembelajaran (depok: Pt Rajagrafindo Persada, 2020)
Ismatullah, Kholida, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Dalam Pembelajaran Matematika Dasar’, EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1.1 (2017), 24
Jamaludin, Ahdar, and Wardana, Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kopetensi Pedagogis (parepare: CV. Kaaffah Learning Center, 2019)
Jannah, Miftahul, ‘Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4.2 (2020), 242
Khanaliya, Resti, and Kusmuriyanto, ‘Keekfetifan Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Dengan Metode Cooperative Script Dan Resitasi’, Ekonomics Education Analysis Journal, 6.1 (2017), 213
Maesaroh, Siti, ‘Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Kependidikan, 1.1 (1970), 155
Milkhatus Sirfah, ‘Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Motivasi Belajar Terhadap Pembentukkan Karakter Religius Siswa Di MTs Al-Munawwarah Dumai’, Tamaddun Ummah (JTU), 1.1 (2021), 4–5
Mislikhah, St, ‘Implementasi Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember’, Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1.2 (2018), 48–49
Muhammad Afandi, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah (Semarang: Universitas Islam Agung Semarang, 2013)
Mulia, harpan reski, ‘Integritas Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak’, Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15.1 (2020), 122–23
Musyarofah, Siti, Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu Di SDLB N Kebakalan Mandiraja Banjarnegara (purwokerto: STAIN Purwokerto, 2013)
Nasution, Mustafa Kamal, and Aida Mirasti Abdi, ‘Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak’, Jurnal Tunas Bangsa, 1.1 (2014), 31
Nugraha, Aprilia, Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fiqih Di Mts An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo (ponorogo: IAIN Ponorogo, 2022)
Pakpahan, Martina, Metodologi Penelitian (medan: yayasan kita menulis, 2022)
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang, ‘Belajar Dan Pembelajaran’, Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03.2 (2017), 337
Pebpriza, Regina, Iswantir M, Wedra Aprison, and Arman Husni, ‘Penerapan Metode Tahfidz Al-Qur ’ an Di Pondok Pesantren Modern I ’ Aanatuth Thalibiin Perawang , Kec . Tualang , Kab . Siak , Provinsi Riau’, Jurnal Pendidikan Tambusa, 6.2 (2022), 8584
Rahayu, Sri Endang, and Hastina Febriaty, ‘Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU)’, Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17.2 (2017), 96
Ridwan, Metode &Teknik Penyusunan Tesis (bandung: alfabeta, 2006)
Riskika, Amelia, Charles, Arifmiboy, and Muhiddinur Kamal, ‘Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Terpadu Guguok Randah’, 2.1 (2023), 107
Rukiah, Arman Husni, Iswantir M, and Wedra Aprison, ‘Metode Guru Dalam Mengenalkan Ilmu Tauhid Untuk Anak Usia Pendahuluan’, Koloni: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1.3 (2022), 441
Sandusitoyo, and m. ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian (yogyakarta: literasi media publishing, 2015)
Selfi, Zalfi., Pelaksanaan Metode Penugasan (Resitasi) Dalam Pembelajaran Fikih Pada Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Darul Iman Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2010)
Sijunjung, kementrian agama Kabupaten, Bahan Ajar Aqidah Akhlak Kelas IX Semester Genap MTsN 1 Sijunjung
Simamora, Mega Santi, Penerapan Metode Resitasi (Pekerjaan Rumah) Dalam Pembelajarn Pendidikan Agama Islam Di MTs Swasta Pendidikan Islam Yaqubiyah Padang Bolak, 2011
Siregar, Helmi Fauzi, Yustria Handika Siregar, and Melani, ‘Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)’, JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2.2 (2018), 113–14
Sitoyo, Sandu, and Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian (sleman: literasi media publishing, 2015)
Solihin, Rahmat, Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah (jawa barat: penerbit adab, 2020)
Sugiarto, Eko, Menyususn Proposal Kualitatif: Skripsi Dan Tesis (yogyakarta: suaka media, 2015)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D (bandung: alfabeta, 2010)
Suryani, Feny, Penerapan Metode Resitasi Pada Mata Pembelajaran Al-Qur’an Hadist (Studi Kasus Di Mts Laboratorium UIN Medan) (medan: Unuversitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018)
Tambak, Syahraini, ‘Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, 13.113 (2016), 31
Umrati, Analisis Data Kualitatif Teori Dalam Konsep Penelitian Pendidikan (makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jafray, 2020)
Wahyudi, Dedi, Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya (yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books, 2017)
Wirdatisna, S.Ag, ‘27 September 2022’, Observasi Dan Wawancara, Akidah Akh, MTsN 1 Sijunjung