IMPLEMENTASI NILAI PALEMAHAN DALAM AJARAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL PROJECT GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 1 UBUD

Authors

  • Ni Made Irma Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutajaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.51903/education.v2i3.217

Keywords:

Tri Hita Karana konsep palemahan, Gaya Hidup Berkelanjutan, Kurikulum Merdeka.

Abstract

Konsep filosofis dalam Tri Hita Karana yakni palemahan adalah satu konsep filosofis dalam ranah keseimbangan. Konsep masyarakat Hindu Bali ini telah menjadi suatu konsep yang universal. Ketiga konsep dalam Tri Hita Karana tidak bisa dipisahkan dan berperan penting dalam Gaya Hidup Berkelanjutan. Pengelolaan lingkungan adalah sebuah langkah nyata dari penerapan Tri Hita Karana dengan konsep palemahan. Pengelolaan lingkungan ini dilaksanakan dengan tanggungjawab dan bagian perwujudan manusia yang memiliki tanggung jawab moral kepada Sang Pencipta. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai palemahan dalam Tri Hita Karana terhadap Hasil Project Gaya Hidup Berkelanjutan salah satu tema wajib dalam Kurikulum Merdeka Mengajar, nilai filosofi THK diidentifikasi mengandung muatan nilai keberlanjutan dan bisa dijadikan sebagai pijakan pengembangan sustainable konsep di lingkungan sekolah. Nilai keberlanjutan yang menjadi dasar dalam menentukan pengembangan sustainable di lingkungan sekolah terkandung dalam konsep THK yakni mencakup aspek sosial, aspek budaya dan aspek ekologi dalam masyarakat. Konsep ini juga dapat diterapkan di daerah lain maupun negara lain sebagai dasar pengembangan sekolah sesuai dengan budaya setempat dan ajaran agama masing-masing. Hal ini karena setiap ajaran agama umumnya mengajarkan kita untuk senantiasa menjaga alam, melestarikan alam dan bersahabat dengan alam. Penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan membaca, menganalisis, dan mensintesis hasil     penelitian dan kajian-kajian resmi dokumen negara yang telah diterbitkan secara online adalah metode yang digunakan dalam kajian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan tematik. Adanya koherensi antara nilai-nilai palemahan terhadap hasil belajar project gaya hidup berkelanjutan yang digaungkan sebagai program wajib nasional dalam kurikulum merdeka mengajar adalah dasar kajian ini. Kajian ini juga membuka peluang untuk menguji temuan penelitian kepustakaan ini berdasarkan data empiris bagi penelitian lebih lanjut.

References

Affandi, Lalu Hamdian, Sutajaya, I Made, & Suja, I Wayan. 2022. Aktualisasi Nilai Pawongan Dalam Ajaran Tri Hita Karana Pada Pengembangan Komunitas Belajar Profesional Bagi Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1): 62-75.
Azima, Nana Fausazana. 2021. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 22(02): 1-11.
Budiarti, Wiwik. 2021. Tema Projek dalam Kurikulum Merdeka. Diakses 20 Oktober 2022 pada https://www.kompasiana.com/wiwik06944/632860274addee5a5777ca12/tema-projek-dalam-kurikulum-merdeka
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Mutiarahindu.com. 2019. Pengertian Tri Hita Karana dan Bagian-Bagian serta Penjelasannya. Diakses 20 Oktober 2022 pada https://www.mutiarahindu.com/2019/12/pengertian-tri-hita-karana-dan-bagian.html
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

IMPLEMENTASI NILAI PALEMAHAN DALAM AJARAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL PROJECT GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 1 UBUD. (2022). Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(3), 01-10. https://doi.org/10.51903/education.v2i3.217