KEDUDUKAN DAN TUGAS GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.51903/education.v2i3.280Keywords:
Kedudukan, tugas guru, perspektif pendidikan IslamAbstract
Guru memiliki peranan yang paling utama dalam berlangsungnya proses pembelajaran, Seorang guru mempunyai tugas akan mengubah tingkah laku dan meningkatkan kualitas peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik, membimbing, mendidik, dan mengarahkan peserta didik untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa guru memiliki kedudukan yang lebih tinggi dan istimewa dalam perspektif pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan sumber data buku, jurnal, dan sumber lainnya yang dikumpulkan dari beberapa referensi terkait dengan judul artikel ini. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara mencari sumber referensi yang terkait dengan pembahasan artikel ini, kemudian menganalisis isi dari data – data yang sudah terkumpul, Setelah menemukan sumber referensi, isi data yang terkumpul dianalisis dengan menampilkan, melatih dan merekonstruksi untuk memperoleh konsep baru yang komprehensif dan relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki kedudukan yang lebih tinggi dalam perspektif Islam, dalam Al Quran terdapat ayat yang menyatakan bahwa Allah akan memberi kedudukan serta derajat yang lebih tinggi kepada orang–orang yang berilmu, orang yang mengajar akan mendapat pahala yang sama dengan sedekah, seorang guru akan mendapatkan kebaikan yang berlimpah dan tentunya ilmunya akan membawa manfaat yang baik untuk dirinya dan juga anak didiknya.
References
Arfandi, Persfektif Islam Tentang Kedudukan Dan Peranan Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam XI(2) (2020): 348–365.
Aslamiyah, S. S, Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Hikmah, 3(2), (2013): 231–240.
Asnawi, M, Kedudukan Dan Tugas Pendidik Dalam Pendidikan Islam 23(2), (2012): 36–52.
Bahri, Samsul, Masdin Masdin, and Marzuki Marzuki. “Urgensi Etika Dan Profesionalisme Guru Dalam Perspektif Islam.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 14, no. 2 (2021): 87.
Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A, Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2) (2020): 141–152.
Idris, S., & ZA, T, Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 3(1) (2017): 96–113.
Kamal, Hikmat. “KEDUDUKAN DAN PERAN GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 14, no. 1 (2018).
Muhammad Fahri, Nurhasan, Maemunah Sa’diyah,. “STAREGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 14 BOGOR.” JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA 4, no. 2 (2019).
Muhlison, Guru Profesional (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam 02(02), (2014): 46–60.
Rahmadani, Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Sains Riset 9(2), (2019): 17–25.
Saat, S, Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib 8(2), (2015): 1–17.
Samsudin, M, Pendidikan Anak Perspektif Islam Dan Barat (Studi Analisis Pendekatan Filosofis dan Ilmu Pendidikan). Jurnal Pendidikan Universitas Garut 09(01) (2015): 33–58.
Samsudin, M, Pendidikan Anak Perspektif Islam Dan Barat (Studi Analisis Pendekatan Filosofis dan Ilmu Pendidikan). Jurnal Pendidikan Universitas Garut 09(01 (2015): 33–58.
Sulaiman, Hakikat Manusia Sebagai Pendidik Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. 01(02), (2019): 91–99.
Sutarman, Sutarman. “GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.” Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) 5, no. 1 (2019).
Tafsir, A, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, 1992.
Yazidul Busthomi, and Syamsul A’dlom. “Tugas Dan Peran Guru Menurut Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022).
Zulkarnain, Muhammad. “GURU SEBAGAI JABATAN KARIR DAN PROFESI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 8, no. 2 (2020).